Profil


Disperindag NTT Gelar Pelatihan Digitalisasi Marketing untuk 50 UMKM

Bidang PP 26 May 2025

DISPERINDAG NTT, KOTA KUPANG - 

Dalam upaya meningkatkan daya saing pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di era digital, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyelenggarakan kegiatan bertajuk Pelatihan Pemasaran Online (Digitalisasi Pemasaran) pada tanggal 22 hingga 23 Mei 2025. Kegiatan ini berlangsung di Aula Hotel Sahid T-More, Kupang, dan diikuti oleh 50 UMKM di Kota Kupang.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Balai Latihan Kerja (BLK), Abdullah M. Alhabsyi, S.E., yang membagikan pengetahuan dan pengalaman terkait strategi pemasaran digital yang efektif dan menarik.

Pada hari pertama, Narasumber memaparkan berbagai strategi pemasaran online, termasuk pentingnya membangun brand image (Citra Merek) di media sosial, penggunaan visual yang menarik dalam promosi, hingga cara membaca perilaku konsumen digital. Peserta terlihat antusias mengikuti sesi pemaparan, yang sarat dengan praktik dan studi kasus nyata dari dunia usaha.

Hari kedua diisi dengan sesi praktik, di mana para peserta diajarkan langsung cara membuat akun media sosial bisnis seperti Instagram dan Facebook. Selain itu, peserta juga belajar membuat konten promosi yang menarik dan relevan dengan karakter produk mereka, dengan harapan bisa meningkatkan minat konsumen dengan jangkauan lebih luas melalui penjualan secara online.

Kepala Dinas Perindag NTT, DR.Drs. Zet Libing, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program pemberdayaan UMKM menuju transformasi digital yang juga merupakan bagian dukungan nyata dalam mencapai Quick Wins, Program 100 Hari Gubernur dan Wakil Gubernur NTT. “Digital marketing bukan lagi pilihan, tapi kebutuhan. Lewat pelatihan ini, kami ingin memastikan UMKM di NTT tidak tertinggal dan mampu bersaing, bahkan menjangkau pasar yang lebih luas,” ujar Kepala Dinas Perindag NTT.

Para peserta menyambut positif pelatihan ini. Mereka mengaku mendapatkan banyak ilmu baru yang relevan dengan tantangan pemasaran masa kini dan berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan secara berkelanjutan.

Melalui Pelatihan ini Disperindag NTT berharap UMKM lokal bisa naik kelas, mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi, serta lebih percaya diri memasarkan produk secara online, baik di pasar lokal, nasional, hingga global.

Penulis: Liana Nunuhitu, Elsya Tomasui Kembali